Apa perbedaan web development dan web design? pertanyaan ini sering ditanyakan oleh mereka orang-orang yang masih awam dalam teknologi website kepada jasa pembuatan website toko online. Sebenarnya kedua istilah ini sangatlah familiar, namun sedikit penjelasan berikut akan mempertajam bahwa keduanya berdiri pada sisi yag berbeda.

Perbedaan Mendasar
Pada dasarnya sebelum membahas mengenai apa web development tersebut, ada baiknya apabila Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu desain web sendiri. Umumnya desain web seringkali diartikan sebagai apa yang dilihat oleh seorang pengunjung web, serta bagaimana cara pengunjung itu berinteraksi dengan website, baik itu melalui navigasi, fitur yang terdapat di sana, dan juga berbagai macam pilihan aplikasi yang disediakannya. Selain itu, ada pula layout web yang memiliki fungsi utama dan ditujukan untuk penggunaan dari pengunjung, yang juga berkaitan dengan faktor estetis dari website tersebut. Seperti halnya pemilihan, warna, gaya navigasi, style, dan juga berbagai macam hal lainnya yang tertera pada website tersebut. Itulah beberapa hal yang menjadi bagian dari web design yang seringkali disama artikan dengan web development tersebut.

Desain web atau biasanya lebih dikenal dengan istilah web design ini, merupakan bagian kecil dari pengembangan yang dilakukan oleh web development. Pengembangan website tersebut, biasanya akan lebih mengarah pada apa yang terdapat di balik layar, maksudnya berkaitan dengan hal yang dijelaskan dan juga menjadi sisi dari website tersebut. Sehingga tercapailah bentuk dari pemograman inti yang menciptakan karakteristik dan juga fungsi web dengan baik, serta memungkinkan website tersebut untuk saling berinteraksi dengan para pengunjungnya, sesuai dengan apa yang direncanakan dan juga diinginkan. Itulah fungsi utma dari adanya Website Development.

Dua Job Satu Tujuan
Tidak bisa dipungkiri, meskipun memiliki pekerjaan yang berbeda akan tetapi profesi ini memiliki satu kesatuan. Dimana developer dan designer saling support menghasilkan sebuah pekerjaan berupa website aktif. Untuk melakukan hal ini, baik designer dan developer harus satu suara. Sebuah website harus terlihat bagus dan berfungsi dengan baik. Warna dan gambar harus mewakili sebuah brand, dan interface nya mampu mendorong pengunjung melakukan tindakan yang diinginkan.Pada akhirnya batas antara designer dengan developer menjadi kabur, dimana seorang designer sedikit banyak harus mempelajari pola interaksi antar halaman situs, sementara itu developer pun harus memahami rancangan visual yang menarik.